Kamis, 25 Juni 2009

The people with cool science.... they called Mythbusters!!

ahahhahhaha.. hai~ lagi rajin ngeblog neh... ehhehhe

liburan gitu... kan asik.. hehehhe.. gw ngisi liburan yg aslinya gw udah ga kluar rumah dari hari senin cuma bolakbalik kamar-lemari es doang.. dengan ngenet, FB-an padahal kaga ada yg nulis di wall, sama nonton Mythbusters via internet... ahahahha seru looo..

okeh, Mythbusters itu nama acara yang ditayangin ama Discovery channel dan udah tayang sejak tahun 2003. Kerjaannya menguji sebuah mitos itu bohong atau benar adanya. dengan sains sampe pol. Pembawa acaranya itu Adam Savage yang hmm... oke.. rada freak tapi pinter.. dan Jamie "Walrus" Hyneman yang pinter dan kuat (maksudnya dia kalo di tayangannya itu kuat bgt ngangkat2, rajin olahraga kayaknya), kenapa gw bilang Jamie itu walrus?? soalnya kumisnya Jamie itu kayak walrus, mana dianya juga botak lagi.. udah deh mirip banget ama walrus..
dari kiri : Jamie dan Adam

untuk menguji mitos itu kan kadang2 ga sepele dan ga gampang, nah makanya itu mereka dibantu oleh Build team yang isinya Grant Imahara si Jepang-Amerika rada pendek (well, tapi di season 7 grant-nya keren tau...)yang jago robot, Tori Belleci yang ga jauh beda dari Adam dan Kari Byron yang cantik.. mereka tuh kayak juniornya gitu... biasanya kalo lagi ngerjain proyek, Build team ama Adam dan Jamie beda mitosnya.. Mereka nguji mitos bareng2 itu kalo mitosnya rada rumit.


Dari kiri : Grant, Kari, Tori

mereka berlima udah jalan sekitar 7 musim tayang... lama ya... dan mereka menguji mitos itu dengan kerennya dan biasanya berakhir dengan explosion alias ledakan yg gedeeeeee bgt... walopun kata nyokap ama bokap mereka itu buang2 duit, tapi kadang banyak manfaatnya dan bisa membuat inovasi baru kayak pas di episode "Seesaw Saga", mitosnya itu ada penerjun payung yang parasutnya ga bisa keluar dan ujung2nya jatuh di jungkat jungkit yang di sisi satunya itu lagi ada anak kecil. Pas penerjun payung itu jatuh di jungkat jungkit itu, anak kecilnya kelempar sampe ke lantai tujuhu dan selamat. Di situ, Adam ama Jamie bikin jungkat junkit yang rangkanya lebih kuat dan dirancang supaya seluruh energi yang dihasilkan itu bisa dihempaskan secara total ke sisi satunya. itu jungkat jungkitnya bentiknya kereeeenn bgt... banyak orang yang suka dan ternyata kalo di riset lagi, jungkat jungkit kyknya lebih aman.

Mereka semua itu suka bgt ama yang namanya ledakan, apalagi Adam, kalo misalnya benda yg besar buat nguji mitos itu blm ancur setelah mitosnya selesai diuji, dia sering bilang, "let's blow this things up!!".

udah lebih dari puluhan mitos diuji, dari cuma nguji "bener ga sih kalo kita bisa bikin api kalo kita ngegosokin coklat ke bawanya kaleng minuman abis itu kita pantulin cahayanya ke kayu kering?" sampe " bener ga sih ledakan yang dibikin dari beberapa batang dinamit yang diceburin ke laut itu ombaknya bisa buat surfing?" nah gila aja mitos yang ini malah aslinya membutuhkan bahan eksplosif yg banyak untuk nguji... dan ledakannya tingiiiii bgt, 5 meter lebih!!

Kalo hasilnya udah keluar, ada 3 kemungkinan hasil....

yang pertama, Confirmed itu kalo mitosnya beneran sesuai dengan kenyataan..

kedua, plausible kalo mitosnya bisa aja sesuai dengan kenyataan tapi rada ga mungkin

keetiga, Busted kalo mitos itu cuma omongan doang, biasanya terjadi di mitos yang ada di film-film....

Pokoknya nonton aja deh, seru tau, highly recomended... di youtube banyak tuh videonya...

Hmmm... Let's blow something up!!


Tidak ada komentar: